SARIPUL AMIR, M.Pd.

ITA MEKAEL ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Satu telur dibagi enam 03

Azizah “kenapa ibu tidak ikut makan?”

Ibu Dewi “makan saja kalian dulu”

“ibu belum lapar”

Hasanah “iya bu,...?”

“kenapa ibu tidak ikut makan?”

“Ibu makan bareng dengan saya saja ya bu?”

“ini nasi saya kebanyakan bu”

Ibu Dewi “tidak usah”

“buat kamu makan saja Hasanah”

“perut ibu masih kenyang”

“kamukan hari ini di sekolah ada pelajaran olah raga”

“biar kamu kuat dan tidak sakit karena kamu nanti keluar energi banyak pas olahraga”

(sementara itu keempat anak lainnya Mudin, Roni, Romi dan Riyanto tetap asik makan dengan serius tanpa mendengarkan pembicaran ibu dan dua kakaknya).

Azizah “ini bu”

“Azizah juga kebanyakan nasinya, nanti tidak habis”

ibu makan berdua Azizah ya?”

Ibu Dewi “kamu harus habiskan Azizah”

“kamu juga pulangnya sampai sorekan?”

“biar nanti di sekolah tidak usah jajan”

“nanti ibu makannya di sawah saja”

“ibu sebentar lagi berangkat untuk menanam padi di sawah Pak Jono” “mulai hari ini dan satu minggu kedepan ibu bekerja di sawahnya untuk menanam padi”

“nanti sepulang sekolah kamu jaga adik-adik”

“ibu pulangnya bisa sore”

“oh ya kalau ibu belum pulang, itu ada telur ayam kampung satu”

“kamu goreng saja nanti kamu bagi enam”

“jangan sampai adikmu ada yang tidak kebagian”

“juga ada tempe, nanti kamu bisa goreng”

“tapi minyaknya tidak usah banyak, karena minyaknya sudah mau habis”

“nanti ibu beli minyak goreng kalau ibu sudah dapat uang bayaran kerja dari Pak Jono”

Azizah “baik bu”

“nanti saya dan Hasanah jaga adik-adik sepulang sekolah”

Ibu Dewi “semuanya hari ini tidak ada yang ibu kasih uang saku ya?”

nanti bawa air putih saja dari rumah buat nanti kalian minum di sekolah”

“ibu bener-bener sudah tidak ada uang lagi”

Riyanto “Iya bu...Riyanto kuat ko, tidak jajan juga tidak apa-apa”

Roni “iya bu”

Romi “Romi juga kuat bu,...”

Azizah sebagai anak yang paling tua, memang sedikit banyaknya sudah mengerti tentang keadaan ibunya yang seorang diri harus banting tulang, kerja keras setiap hari sebagai tulang punggung keluarga selepas kepergian bapaknya, ingin rasanya dia bisa membantu ibunya untuk mencari nafkah untuk membantu ekonomi keluarganya, tapi apa daya dia sendiri masih sekolah dan masih duduk di kelas sepuluh sekolah menengah atas. Kalupun dia membantu hanya sebisanya dan masih terbatas kemampuannya, keadaan yang sangat meprihatinkan dan masih serba kekurangan, tapi Azizah juga berusaha tegar dan selalu menjaga adiknya, sepulang sekolah biasanya dia langsung keliling kampung untuk membantu ibunya berjualan gorengan, tetapi karena satu minggu kedepan ibunya harus bekerja di sawah Pak Jono tetangganya, sepulang sekolah Azizah hanya menjaga adiknya dan tidak berkeliling kampung untuk berjualan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya Allah..terharu membacanya pak...mengingatkan kita, masih banyak yang kekurangan tapi mereka tidak mau minta-minta...usaha dan kerja keras..sepatutnya lah kita bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang....keren pak...

30 Jun
Balas

Thanks .. Kisah sekitar yg masih banyak terjadi bund...

30 Jun

Inspiratif pak

30 Jun
Balas

Thank. Bunda salam literasi

30 Jun

Salam literasi bunda

29 Jun
Balas

Keluarga yang tabah. Salam sukses selalu

04 Mar
Balas

Indahnua berbagi....apalagi dengan saudara.Peraia di keluarga saya Pak....salam literasi

29 Jun
Balas

Salam literasi bunda.. Thanks

29 Jun

Ya Allah... terharu rasanya...

30 Jun
Balas

Salam literasi

30 Jun

Sedih Pak.

30 Jun
Balas

Salam literasi . kisah yang masih ada di sekitar kita ya bund

30 Jun

Keren banget ide ceritanya, Pak. Perlu diikuti ini. Hehhehe... Terharuu...

30 Jun
Balas

Salam literasi

30 Jun

Kiranya semakin bertambah Azizah di bumi tercinta ini ya Ibu

30 Jun
Balas

Mengingatkan saya semasa masih kecil bapak Saripul

30 Jun
Balas

Iya bund....

30 Jun

Iya bund....

30 Jun

keluarga yang keren. pendidikan ibu yang bagus. mandiri dalam semua keadaan.

04 Jul
Balas

Mantap Pak. Mengingatkanku waktu kecil. Keluarga yg rukun. Sukses dan sehat selalu

15 Jun
Balas



search

New Post